Konstruksi sarang laba-laba adalah sistem konstruksi bangunan bawah yang memadukan antara kekuatan beton dengan sistem kosntruksi perbaikan tanah yang digunakan pada daerah yang daya dukungnya berkisar 0.15-0.4 Kg/ Cm2. dengan bentuk sistem konstruksinya yang sedemikian itu, maka KSLL boleh digambarkan sebagai suatu lapisan batu karang yang cukup tebal, sehingga memiliki kekekalan dan daya dukung yang cukup tinggi.
Salah satu solusi alternatif untuk menjawab permasalahan tersebut adalah ditemukan sistem pondasi sarang laba-laba.Sistem ini ditemukan oleh Ir Ryantori dan Ir Sutjipto tahun 1976 dengan hak paten no 7191, mulai diterapkan di proyek tahun 1978,sampai saat ini telah digunakan pada 1000 lebih bangunan. Pondasi sistem kontruksi sarang laba-laba merupakan pondasi bawah konvensional yang kokoh dan ekonomis,dimana sistem ini adalah kombinasi antara siatem pondasi plat beton pipih menerus dengan sistem perbaikan tanah,kombinasi ini berakibat adanya kerjasama timbal balik saling menguntungkan.
Kondisi tanah yang memiliki daya dukung rendah atau kurang baik memerlukan perhatian lebih dalam hal konstruksinya, baik berupa bagunan gedung, bandara dan lain-lain. Baru-baru ini telah ditemukan suatu konstruksi yang masuk dalam katagori pondasi dangkal, konstruksi ini diyakini dan telah dibuktikan mampu bertahan pada kondisi tanah dengan daya dukung rendah dan ini adalah temuan anak negeri kita. Seperti apa konstruksi itu? Apa saja keuntungannya?
Di dalam pengembangan, pemasaran dan pelaksanaan konstruksi sarang laba-laba (KSLL) dipegang oleh PT. KATAMA SURYABUMI yang telah mematenkannya pada Departemen Hukum dan Ham RI/ HAKI dengan sertifikat paten No.ID. 0 018808.
KSLL yang merupakan karya putra bangsa memiliki teknologi pembangunan yang dirancang terdiri dari plat tipis yang diperkaku dengan rib-rib tipis dan tinggi yang saling berhubungan membentuk segitiga-segitiga yang diisi dengan perbaikan tanah sehingga menjadi satu kesatuan komposit konstruksi beton bertulang dan tanah yang kokoh atau kuat, kaku dan mampu menyebarkan semua gaya secara merata ke tanah pemikul serta mampu menerima gaya lateral akibat gempa.
Pondasi ini memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan pondasi konvensional yang lain diantaranya yaitu KSLL memiliki kekuatan lebih baik dengan penggunaan bahan bangunan yang hemat dibandingkan dengan pondasi rakit (full plate) lainnya, mampu memperkecil penurunan bangunan karena dapat membagi rata kekuatan pada seluruh pondasi dan mampu membuat tanah menjadi bagian dari struktur pondasi, berpotensi digunakan sebagai pondasi untuk tanah lunak dengan mempertimbangkan penurunan yang mungkin terjadi dan tanah dengan sifat kembang susut yang tinggi, menggunakan lebih sedikit alat-alat berat dan bersifat padat karya, waktu pelaksanaan yang relatif cepat dan dapat dilaksanakan secara industri (pracetak), lebih ekonomis karena terdiri dari 80% tanah dan 20% beton bertulang dan yang paling penting adalah ramah lingkungan karena dalam pelaksanaan hanya menggunakan sedikit menggunakan kayu dan tidak menimbulkan kerusakan bangunan serta tidak menimbulkan kebisingan disekitarnya.
Selain digunakan sebagai pondasi bangunan bertingkat tanggung (12 lantai), KSLL juga telah diaplikasikan untuk pembangunan infrastruktur seperti bandara khususnya untuk konstruksi Runway, Taxiway dan Apron, seperti yang saat ini sedang dikerjakan di bandara Juwata dan pembangunan Apron untuk pangkalan TNI AU di Tarakan, Kalimantan Timur. Penghargaan sebagai Pemenang Lomba Karya Konstruksi Tahun 2007 untuk Kategori Teknologi Konstruksi yang diselenggarakan oleh Departemen Pekerjaan Umum tahun lalu akan lebih memiliki arti lagi bila adanya kesadaran dari pihak praktisi bisnis di bidang konstruksi Indonesia untuk mengaplikasikannya sebagai wujud kebanggaan akan karya cipta Bangsa Indonesia dan juga berusaha untuk mensosialisasikannya di tingkat international untuk menjadikan Pondasi KSLL sebagai Prestasi Dunia Dari Indonesia, akan tetapi untuk mewujudkan itu semua memerlukan dukungan dari berbagai pihak khususnya dalam hal ini pemerintah.
Pondasi merupakan bagian dari sistem rekayasa konstuksi yang berfungsi sebagai penerus beban yang ditopang oleh beratnya sendiri (bangunan) pada kedalaman tanah atau batuan yang terletak dibawahnya.Karena sifat dari tanah dan batuan itu hiterogen,maka sulit ditemukan dua pondasi bahkan pada tapak konstruksi yang berdampingan akan bersifat sama.hal ini disebabkan pondasi sebagai pendukung beban mempunyai bidang antara (interfacing) terhadap tanah.
Di dunia rancang bangun penurunan pondasi bisa dipastikan terjadi.Persoalanya bagaimana penurunan tersebut dapat diprediksi sejak awal, sehingga bangunan tidak terganggu. Masalah yang dihadapi perencana adalah menentukan sistem pondasi untuk bangunan bertingkat sedang antara 2 sampai 8 lantai, dan berdiri diatas tanah yang mempunyai daya dukung rendah. Sisi lain persoalan biaya yang tinggi masalah tesendiri. Karena kesalahan dalam perencanaan akan berdampak pada hasil kemudian hari.
Di dunia rancang bangun penurunan pondasi bisa dipastikan terjadi.Persoalanya bagaimana penurunan tersebut dapat diprediksi sejak awal, sehingga bangunan tidak terganggu. Masalah yang dihadapi perencana adalah menentukan sistem pondasi untuk bangunan bertingkat sedang antara 2 sampai 8 lantai, dan berdiri diatas tanah yang mempunyai daya dukung rendah. Sisi lain persoalan biaya yang tinggi masalah tesendiri. Karena kesalahan dalam perencanaan akan berdampak pada hasil kemudian hari.
Pondasi sistem kontruksi sarang laba-laba merupakan pondasi bawah konvensional yang kokoh dan ekonomis, dimana sistem ini adalah kombinasi antara siatem pondasi plat beton pipih menerus dengan sistem perbaikan tanah, kombinasi ini berakibat adanya kerjasama timbal balik saling menguntungkan
Sistem pondasi ini memiliki kekakuan (rigidity) jauh lebih tinggi/baik dan bersifat monolit bila dibandingkan dengan sistem pondasi dangkal lainnya.Karena plat konstruksi pada sarang laba-laba dapat bekerja dengan baik terhadap beban-beban vertikal kolom, bila ditinjau dari perbandingan penurunan dan pola keruntuhan. Rib juga berfungsi sebagai penyebar tegangan atau gaya yang bekerja pada kolom. Di mana pasir, tanah sebagai pengisi dipadatkan dan berfungsi untuk menjepit rib-rib konstruksi terhadap lipatan dan puntir. Dengan memanfaatkan tanah hingga mampu berfungsi sebagai struktur dengan komposisi sekitar 85% tanah dan 15 %beton, maka sistem ini dari segi biaya lebih murah dari sistem pondasi lainnya. Oleh karena itu pondasi sistem konstruksi sarang laba-laba akan menjadi suatu sistem struktur bawah yang sangat kaku dan kokoh serta aman terhadap penurunan dan gempa.
Sistem ini dalam pelaksanaannya memerlukan waktu relatif singkat serta tidak memerlukan keahlian tinggi dan pengembanganya dapat dilaksanakan dengan precast/pracetak. Fungsi konstruksi sarang laba-laba sangat cocok untuk pondasi bangunan bertingkat dua sampai sepuluh lantai, gedung kelas satu, container yard/terminal peti kemas, menara transmisi tegangan tinggi, menara/tugu, kolam renang, tangki-tangki minyak, jalan kelas satu, konstruksi landasan pesawat udara/runway, apron dan pondasi open storage.
Sumber :
http://tekniksipilunp.blogspot.com/2011/06/pondasi-sarang-laba-laba.html
http://tekniksipilunp.blogspot.com/2011/06/pondasi-sarang-laba-laba.html
http://ilustri.org/index.php?option=com_content&view=article&id=90:pondasi-sarang-laba-laba&catid=37:know-how&Itemid=2
http://archv3nture.blogspot.com/2010/02/pondasi-sarang-laba-laba-sebagai-solusi.html
Share
Comments
1 comments to "Pondasi Sarang Laba-Laba"
February 11, 2015 at 1:00 AM
Selamat Siang,
Dear Mr.Nugroho Hadi Kumoro
kami dari PT. Katama Suryabumi. ingin menginfokan bahwa blog anda yang memuat tulisan dengan judul Pondasi sarang laba-laba. Telah kami seleksi dan mendapatkan souvenir menarik dari perusahaan kami. untuk itu di mohonkan untuk segera mengirim alamat domisili anda saat ini atau kontak person anda. Agar dapat mengirimkan souvenir ke alamat tempat tinggal anda, Kami mengucapkan Terima Kasih kepada anda karena telah berpartisipasi dalam penulisan blog tentang konstruksi sarang laba laba.
untuk informasi lebih lanjut dapat mengirimkan @mail ke marketing.katama@gmail.com atau hubungi kami di kontak person 085768434838.
Terima Kasih,
Regards
Inayah Sofiah
Post a Comment