Content

Computers

Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam

Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam sangat dibutuhkan jika kita ingin membangun rumah yang memiliki lebih dari dua lantai. Hal ini seperti yang saya lakukan, karena peruntukan rumah tidak hanya untuk ditinggali sendiri yaitu bersama saudara-saudara sekampung. Desain yang saya rencanakan pun mengacu pada tingkat kenyamanan hunian dimana dengan lokasi yang terbatas saya harus membuat desain yang memenuhi syarat untuk psikologis penghuninya. Maka tak bisa dihindari saya harus Membuat Tulangan  Besi Pondasi Cakar Ayam sesuai dengan anjuran konsultan.

Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam bisa kita lakukan sendiri atau kita bisa membeli dalam bentuk yang sudah jadi. Pilihan ini tentunya mengandung konsekuensi masing bersama dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing pula. Kebetulan saya memilih yang ditengah-tengah, lho kok bisa? Sebuah Tulangan Besi Pondasi Cakar Cakar ayam biasanya berbentuk tapak dan tiang setinggi 1,5 meter, nah untuk pekerjaan tapak tulangan besi pondasi cakar ayam saya serahkan kepada ahlinya langsung yaitu tukang yang sudah terbiasa Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam.

Menurut informasi dari gambar teknik rencana desain pondasi rumah minimalis modern, tapak Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam yang dibutuhkan ada tiga versi, itu dikarenakan kondisi dari lokasi tempat bangunan rumah yang akan dibangun. Tiga macam bentuk atau versi yang dibutuhkan dapat dilihat seperti gambar teknik desain pondasi dibawah ini :

bentuk_pondasi_cakar_ayam
Tiga Bentuk Pondasi Cakar Ayam Yang Saya Butuhkan

detail_pondasi_cakar_ayam
Detail Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam yang akan dibuat

Hal – hal yang saya lakukan sebelum Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam adalah melakukan survei sederhana dengan bertanya kepada tukang yang sedang membangun rumah yang saya temui saat saya bermain kerumah kawan, hal-hal yang saya tanyakakan adalah :
  • Berapa biaya jika saya ingin membeli jadi Tulangan besi Pondasi Cakar Ayam?
Jika kita ingin membeli jadi sebuah Tulangan besi pondasi cakar ayam sangat tergantung dengan ukuran dan jenis besi yang digunakan. Jenis besi yang biasa digukanan yaitu besi biasa yang mulus dan besi ulir, setelah itu ukuran diameter besi yang akan digunakan sebagai contoh : Untuk ukuran Tulangan besi pondasi cakar ayam 80 cm x 80 cm dengan besi ulir harganya Rp 300.000 ( bulan Juli 2011).
  • Berapa Upah yang saya harus bayar untuk Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam?
Jika kita ingin sistem upahan dalam Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam, informasi yang saya dapat pak tukang meminta kisaran harga Rp 60.000 – Rp 75.000 untuk satu buah rangkaian Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam dan juga terkadanag harus nego untuk berbagai ukuran.
Pilihan saya untuk Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam adalah sebagian dikerjakan oleh tukang dan sebagian oleh saya sendiri. Pak tukang mngerjakan tapak tulangan besi pondasi cakar ayam sedangkan saya mengerjakan tiang penyambung pondasi cakar ayam. Karena saya membuat tiga jenis tapak tulangan besi pondasi  cakar ayam pak tukang meminta upah sesuai variasi ukurannya, ukuran yang paling besar adalah 1 m x 1m  sebanyak 6 buah dengan upah perbuah Rp 45 ribu, ukuran 80 cm x 80 cm upahnya Rp 40 ribu dan ukuran 70 cm x 70 cm upahnya Rp 35 ribu. Total tapak Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam yang saya butuhkan untuk bangunan rumah ada 16 buah. Dibawah ini adalah dokumentasi video proses dan hasil kerjaan pak tukang.


Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam ternyata bisa kita kerjakan sendiri kalo kita mampu dan ada waktu.


Sumber : http://satriamadangkara.com/membuat-tulangan-besi-pondasi-cakar-ayam/#ixzz1zdAcjvPx
Share
Rasya Consultant

Comments

3 comments to "Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam"

Teknik Sipil said...
March 28, 2013 at 6:15 AM

makasin infonya.............kita tunggu kunjungan baliknya dan komentar ke link kita

semoga bermanfaat

Nugroho Hadi Kumoro said...
April 21, 2013 at 6:21 AM

Sip Gan

ardy said...
June 19, 2019 at 1:16 AM

sebelumnya mhn maap ya aq mau nanya kalau ukuran rumah lebar 8 x 8 untuk cakar lebarnya brp x brp dan lebar tiangnya brp x brp untuk rumah 2 lantai dan atapnya setengahnya di buat untuk jemuran, demikian dan terima kasih atas bantuannya

Post a Comment

 

Copyright © by Bloganol Template Reedit Blogger Template by Nugroho Hadi Kumoro